Rabu, 24 Juni 2015

Kecewa

Nama Karakter:
1. Roku.
2. Lifa.
3. Riri.

Side Story Start:
          Baiklah, ini agak melenceng dari tujuan gw yang sebenarnya, tapi gapapalah, gw pengen berbagi rasa kecewa gw karena gw telah mengecewakan orang tua gw.

          *Saat kelas 10, gw termasuk siswa yang biasa aja, terlalu aktif dikelas aja enggak, cuma gw cuma rajin kalau soal mengerjakan tugas bahkan kadang gw buatkan tugas teman yang lain, dengan imbalan tentunya, namanya juga bisnis. Kalau ngomongin soal aktif dikelas sih dulu lebih aktif si Riri dibandingkan gw, malah jauh lebih aktif si Riri daripada gw. Dia kalau buat tugas juga rajin, yah dengan tebakan gw, gw mengira bahwa Riri yang akan menjadi Juara kelas.

          Waktu itu hari pengumuman juara sekalian pengambilan rapor, dikelas kami udah sibuk membicarakan kandidat juara dikelas. Tentu aja 2 yang paling banyak didukung adalah Riri sama Lifa, tapi gw dukung Riri untuk juara kelasnya karena dia aktif dikelas, jadi wajarlah dia bakal jadi juara. Dan ada juga teman yang bercanda menebak gw bakal jadi juara, tapi langsung gw tepis, karena kayaknya ada yang lebih berhak dapat posisi itu.

          Kamipun dipanggil untuk berbaris dilapangan, dengan perasaan berdebar kami pergi kelapangan. Setelah baris dilapangan guru mulai membacakan nama-nama orang yang juara. Pembacaan juara 3 pun selesai, dilanjutkan pembacaan juara 2. Sampai dikelas kami, ternyata nama Lifa dibacakan menjadi juara 2 kelas kami. *hmm.., sudah kuduga* kata gw dalam hati. Dan akhirnya pembacaan untuk juara 1 nya, gw yakin Riri yang bakal dapat juara 1, tapi tetap aja gw ikut deg-degan begini.

          Akhirnya sampai dikelas kami, kami udah bilang sama Riri buat siap-siap maju waktu itu, karena bakal yakin Riri yang jadi juaranya. Gw baris paling depan, cuma diam aja, sambil memindahkan hp dan kunci motor ke saku celana (ntah kenapa gw lakukan ini waktu itu, apa ini tanda dari tuhan ya). Dan dibacakanlah, juara 1 kelas kami jatuh kepada..., Roku.

          Sontak 1 kelas pada kaget, si Satir juga kaget dibarisannya waktu itu, dan tentu aja yang paling kaget gw. Gw gak pernah menyangka bakal dapat juara 1 begini. Gw terdiam ditempat selama beberapa detik karena masih gak peraaya, tapi temen gw pada dorong gw untuk maju kedepan. Yah, otomatis gw maju, dan sekilas gw liat wajah Riri, tampak sekali kecewa diwajahnya. Dan pengumuman juara dan foto bersama, kami kembali ke barisan. Kamipun disambut dengan ucapan selamat dari teman-teman yang lain, dan masih dalam perasaan kaget, kok bisa gw jadi juara, gitu yang mereka tanyakan saking gak percayanya. Ketika Riri kasih selamat sama gw dan Lifa, kelihatan kalau dia kecewa, dan gw jadi canggung melihat dia kayak gitu. Dan selama kelas 10 gw yang jadi juara 1, dan juara 2 tetap sama Lifa.

          *Dikelas 11, gw sebenarnya masuk IPA karena juara 1 dikelas 10 kemarin, tapi gw malah pindah ke IPS, biar gw bisa agak leluasa gitu, dan kalau bisa biar gw bisa dapat juara lagi.

          Semester 1 pun selesai, saatnya untuk mengumumkan juara kelas seperti biasa. Pembagian juara udah sampai juara 2, dan tinggal pembacaan juara 1. Karena Lifa dapat juara waktu itu, gw jadi agak percaya diri bisa dapat juara 1 lagi. Tapi kenyataannya, bukan gw juara 1 nya, tapi temen gw (gw lupa siapa juara 1 waktu itu.) Dan setelah pembagian rapor, gw liat gw dapat ranking 4. Kata bokap gw sih gapapa, tingkatkan lagi belajarnya, katanya. Disini sih agak kecewa gw karena ranking gw turun, tapi di ucapan gw, gw selalu bilang *gw gak peduli sama juara.* Tentu aja apa yang ada di hati dan di ucapan mulut gw berbeda.

          Di semester 2 pun gw lebih rajin lagi, berharap gw bisa dapat merebut juara kelas kembali. Dan gw juga lebih dekat sama wali kelas, karena kunci gw bisa juara 1 kelas 10 mungkin karena dekat sama wali kelas.

          Akhirnya pembagian rapor semester 2. Seperti biasa ucapan dimulut gw masih kayak dulu, tapi beda banget sama isi hati gw. Karena gw udah agak rajin waktu itu, setidaknya lebih rajinlah, gw berharap dapat juara kelas lagi. Tetapi ternyata tidak juga. Dan ketika rapor dibagikan, ternyata ranking gw malah turun ke ranking 7. Disitu gw kaget, dan bokap gw yang ambil rapor juga kelihatannya marah. Gw gak percaya ranking gw malah turun dratis waktu itu, padahal kalau gak juara gw berharap bertahan di ranking 4 jadilah, dan ini malah turun ke ranking 7.

          Bokap gw pulang duluan dengan wajah yang kelihatan kesal, dan gw bakal nyusul nanti. Di sekolah waktu itu, udah kebayang sama gw, gw bakal kena marah atau bakal diapainlah sama bokap gw, dan gw ketakutan. Sesampainya gw dirumah, ternyata bokap lagi keluar, dan gw lega saat itu. Karena gw belum tau bagaimana sikap bokap setelah mendapati ranking gw yang turun waktu itu. Beliau pun pulang waktu sore, dan nada bicaranya jadi beda sama gw. Kelihatan kalau beliau kecewa, tidak..., sangat kecewa lebih tepatnya. Sore itu gw ingat, gw juga jadi tertekan karena sikap bokap gw, dan karena gw gak tega melihat bokap gw yang kecewa gitu, gw pun ikut kecewa, dan bersalah karena udah menghancurkan harapan bokap gw.

          Jujur gw paling gak bisa liat orang tua gw kecewa, apalagi kecewa karena ranking gw turun kemarin. Selama beberapa hari gw terus menyalahkan diri gw, dan berpikir kenapa ranking gw turun, padahal gw udah lumayan rajin saat itu. Dan akhirnya gw sadar...
                                                                                                          Ranking gw turun karena gw kurang bersyukur ketika mendapat juara. Mendapat juara membuat gw angkuh dan gak bersyukur sama tuhan. Dan gw juga bilang *gak peduli dengan juara,* ternyata tuhan benar-benar menjawab perkataan gw itu, dan tidak memberikan gelar juara lagi sama gw. Mungkin tuhan juga ingin agar gw merasakan rasa kecewa yang telah dulu dialami oleh Riri waktu kelas 10, perasaan ketika kita udah berusaha maksimal tapi hasilnya gak sesuai, memang betul-betul sakit rasanya waktu itu, apalagi gw juga udah menghancurkan harapan bokap gw, sakit itu malah berlipat ganda lagi. Dan saat itu gw hanya bisa bersyukur dan berpikir positif atas semua keputusan tuhan. Gw bersykur karena telah dibiarkan merasakan keterpurukan agar gw dapat bangkit untuk waktu yang selanjutnya. Serta bersyukur karena bisa memetik banyak pelajaran dari peristiwa itu. Rasa kecewa dan kesal bokap gw berakhir dalam beberapa hari.

          *Dikelas 12, tetap bokap yang mengambil rapor gw, dan sekarang bokap udah gak terlalu berharap gw bakal juara. Walaupun masih ada dihatinya yang paling dalam, harapan agar gw dapat juara, tapi gak sebesar dulu lagi. Dan akhirnya di semester 1 ranking gw naik jadi ranking 4 kembali, dan gw bersyukur waktu itu karena ranking gw naik.

          Tapi gw heran, si Lifa kok bisa juara teruslah, begitu kata gw dalam hati. Ah sudahlah, gw gak mau repot memikirkan itu, mungkin memang ini jalan terbaik yang diberikan tuhan untuk gw, dan gw percaya tuhan punya rencana yang baik dibalik ini semua.

Sekian curhatan gw, dan selanjutnya kita bakal balik lagi ke Cerita Utama (Main Story).
Bye..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar